HARGA PAVING BLOCK MURAH PER METER OKTOBER 2020

HARGA PAVING BLOCK MURAH SEMUA UKURAN TERBARU 2020

Harga Paving Block – Paving Block adalah salah satu jenis beton ringan atau pracetak atau precast yang biasanya berbentuk segi empat atau segi lainnya. Alas beton ini paling sering dipasang pada pekarangan agar terlihat lebih rata dan lebih rapi. Selain itu, penggunaan paving block pada pekarangan bisa menambah nilai estetikanya. Harga paving block sangat bervariasi karena terdiri dari beragam warna, bentuk, serta corak. Anda bisa memilih jenis paving sesuai dengan selera. Namun sebelum memilih, ada baiknya Anda mengetahui jenis, klasifikasi mutu, pola pemasangan, serta kelebihannya sebagai bahan pertimbangan.

HARGA JUAL PAVING BLOCK

Jenis-jenis Paving Block

Ada beragam jenis paving block yang bisa Anda pilih untuk mempercantik pekarangan. Jenis paving block yang Anda pilih ini nanti akan berpengaruh pada harga paving block yang ditawarkan. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa jenis paving block yang sering digunakan oleh masyarakat:

  1. Paving Block Uskup

Sesuai dengan penamaannya, paving block uskup memiliki bentuk seperti topi seorang uskup. Dengan ukuran 30 x 21 cm, model paving block ini sering dipakai atau dipasang di sisi jalan. Selain besar, paving block uskup juga dikenal kuat menahan beban.

  1. Paving Block Trihex

Paving Block Trihex disebut dengan paving block segitiga jika di Indonesia. Model dari paving ini cukup unik karena terlihat seperti sarang lebah. Ukurannya tidak terlalu besar yaitu sekitar 19 x 10 cm. Namun, ketebalannya cukup besar yaitu sekitar 10 cm.

  1. Paving Block Bata

Paving block bata merupakan jenis paving block yang paling populer karena banyak digunakan di berbagai macam pembangunan mulai dari pembangunan kecil hingga pembangunan besar. Banyak yang menyukai paving model ini karena lebih menghemat waktu pemasangan. Pasalnya, paving block sangat mudah dipasang dan polanya mudah diatur. Bentuknya yaitu persegi panjang dengan ukuran kurang lebih 10 x 21 cm. Untuk harga paving block bata yaitu mulai dari Rp  85.000 per meter persegi dengan ketebalan 6 cm.

  1. Paving Block Segi Enam (Hexagon)

Paving block segi enam atau paving block hexagon memiliki 6 sisi dengan ukuran 20 x 20 cm. Sedangkan untuk ketebalan yang dimiliki paving jenis ini yaitu sekitar 10 cm. Tak kalah dengan paving block bata, paving ini juga banyak digunakan karena mudah dipasang, tahan lama, serta kokoh.

  1. Paving Block Cacing

Jika dilihat dari bentuknya, paving ini cukup unik dan menarik. Karena bentuknya tersebut maka nilai estetika akan lebih terlihat. Meskipun begitu, proses pemasangannya juga mudah sama seperti paving block bata dan paving block segi enam. Untuk ukurannya yaitu sekitar 11 x 22 cm dengan ketebalan mulai dari 6 cm, 8 cm, dan 10 cm.

  1. Paving Block Rumput

Jenis paving block terakhir yang ada di pasaran saat ini adalah paving block rumput. Permukaan dari paving ini berbeda dibandingkan jenis lainnya karena adanya lubang sebagai tempat tumbuh rumput. Ada dua jenis paving block rumput yaitu yang memiliki lubang 8 dengan ukuran 30 x 45 cm serta lubang 5 dengan ukuran 40 x 40 cm. Sedangkan harga paving block rumput yaitu mulai dari Rp  5.000 per pcs dengan 5 lubang.

Baca Juga : Harga Pagar Panel Beton

Berikut ini adalah harga jual paving block untuk area sekitar jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi dan sekitarnya.


DAFTAR HARGA PAVING BLOCK PER METER BULAN OKTOBER 2020

No JENIS PAVING BLOCK TEBAL HARGA WARNA NATURAL HARGA WARNA MERAH
1 Bata (21 x 10.5 cm) 6 cm IDR 75.000 /m2 IDR 85.000 /m2
2 Bata (21 x 10.5 cm) 8 cm IDR 85.000 /m2 IDR 95.000 /m2
3 Cacing (22.5 x 11.2 cm) 6 cm IDR 75.000 /m2 IDR 85.000 /m2
4 Cacing (22.5 x 11.2 cm) 8 cm IDR 85.000 /m2 IDR 95.000 /m2
5 Trihex (19.7 x 9.6 cm) 6 cm IDR 75.000 /m2 IDR 85.000 /m2
6 Trihex (19.7 x 9.6 cm) 8 cm IDR 85.000 /m2 IDR 95.000 /m2
7 Ubin Besar (21 x 21 cm) 6 cm IDR 90.000 /m2 IDR 100.000 /m2
8 Ubin Besar (21 x 21 cm) 8 cm IDR 100.000 /m2 IDR 110.000 /m2
9 Segi Enam (20 x 20 cm) 6 cm IDR 75.000 /m2 IDR 85.000 /m2
10 Segi Enam (20 x 20 cm) 8 cm IDR 85.000 /m2 IDR 95.000 /m2
11 Grass Block Lub 8 6 cm IDR 129.000 /m2
12 Grass Block Lub 8 8 cm IDR 134.000 /m2
13 Grass Block Lub 5 6 cm
14 Grass Block Lub 5 6 cm IDR 132.000 /m2
15 Roster 10 x 30 IDR 15.000 /m2
16 Roster 20 x 20 IDR 15.000 /m2
17 Roster Jalusi IDR 15.000 /m2




Keterangan :

  • Harga di atas hanya harga conblock nya saja, tidak termasuk dengan jasa pasang.
  • Pihak pembeli bertanggung jawab terhadap koordinasi lingkungan atau kuli preman.
  • Harga bersifat negotiable, tergantung jumlah pesanan dan jarak pengiriman.
  • Pembayaran dilakukan sebelum barang dikirim.



Klasifikasi Mutu Paving Block

Jika dikelompokkan berdasarkan mutunya, paving block terbagi menjadi 4 jenis. Berikut adalah jenis-jenis paving block berdasarkan mutunya.

  1. Mutu A

Jenis mutu paving block pertama adalah mutu A. Paving block dengan mutu ini lebih banyak digunakan untuk pembangunan jalan. Ini berarti jenis ini memiliki keunggulan lebih kokoh jika dibandingkan dengan mutu lain.

  1. Mutu B

Jenis selanjutnya adalah mutu B. Mutu paving block jenis ini banyak digunakan untuk pembuatan area parkir.

  1. Mutu C

Mutu C ini adalah paving block yang banyak digunakan untuk pembuatan area pejalan kaki.

  1. Mutu D

Mutu terakhir adalah mutu D. Mutu ini banyak digunakan untuk pembuatan area taman atau penggunaan lainnya.

Pola Pemasangan Umum Paving Block

Pola pemasangan umum paving block diatur dalam Standar Nasional Indonesia. Berdasarkan standar tersebut para kontraktor dan tukang mengikuti 4 pola umum dengan efek penguncian yang berbeda-beda. Berikut ini adalah pola pemasangan umum paving block yang sering digunakan:

  1. Pola Susun Bata

Jika menggunakan pola ini, Anda diharuskan untuk menyusun paving seperti menyusun bata pada pembuatan dinding rumah. Pola ini terbilang cukup sederhana dengan interlocking atau penguncian yang rendah.

 

  1. Pola Anyam Tikar

Pola selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah pola anyam tikar. Pola ini sedikit lebih rumit dibandingkan pola susun bata. Anda diharuskan untuk menyusun dua paving sejajar dengan sumbu X dan 2 paving selanjutnya sejajar dengan sumbu Y. Penyusunan paving block anyam tikar ini terlihat seperti pada anyaman tikar. Untuk interlocking atau pengunciannya sendiri termasuk sedang.

  1. Pola Tulang Ikan 90o

Sesuai dengan namanya, Anda harus menyusun paving seperti tulang ikan pada pemasangannya. Dimana satu paving mengarah pada sumbu X sedangkan satu paving lagi mengarah sumbu Y dengan sudut 90 derajat. Karena pemasangannya yang tidak sepraktis pola susun bata dan pola anyam tikar maka interlocking atau pengunciannya bisa jauh lebih baik.

  1. Pola Tulang Ikan 45o

Sedangkan pola terakhir yang bisa Anda coba adalah pola tulang ikan 45 derajat. Pola ini hampir sama dengan pola tulang ikan 90 derajat yaitu satu paving mengarah ke sumbu X dan satu paving lagi mengarah ke sumbu Y. Namun sudut yang dipakai untuk pemasangan yaitu 45 derajat saja. Hasil interlocking atau penguncian dari pola ini juga sama baiknya.

Keuntungan Menggunakan Paving Block

Setelah mengetahui klasifikasi dan berbagai pola penyusunan paving block, selanjutnya Anda juga harus mengetahui apa saja keuntungan paving block ini. Keunggulan atau keuntungan menggunakan paving block inilah yang membuat jenis material ini sangat difavoritkan untuk digunakan dalam pembuatan bangunan.

  1. Serbaguna

Paving block merupakan salah satu jenis material yang tergolong fleksibel. Maksudnya, material ini bisa digunakan dan disesuaikan dengan proyek pembangunan yang sedang dikerjakan. Selain itu, bentuk atau desain yang akan digunakan juga bisa direkayasa sesuai kebutuhan masing-masing.

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Keunggulan selanjutnya yang menjadi pertimbangan penggunaan material ini adalah faktor ramah lingkungan. Jika dibandingkan dengan material pelapis jalan lainnya, paving block lebih tamah lingkungan karena ketika hujan, material ini masih bisa menyerap air. Ditambah material ini juga terkenal memiliki sistem drainase yang sangat baik. Salah satu jenis paving block bahkan dibuat dengan desain khusus yang memungkinkan rumput tumbuh di atasnya.

  1. Daya Tahan Tinggi dengan Penampilan Visual Menarik

Keunggulan terakhir dari material ini bisa dilihat dari perpaduan visual dan kekuatannya. Paving block memiliki tampilan visual menarik dengan pola pemasangan yang bervariasi. Meskipun begitu, paving block ini juga memiliki daya tahan yang tak kalah tinggi dibandingkan dengan material lain. Bahkan material ini terbukti mampu menahan bobot kendaraan besar, minyak, garam dan bahan kimia.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang spesifikasi, jenis, pola pemasangan dan keunggulan yang ditawarkan oleh jenis material paving block. Jika dibandingkan dengan menggunakan material lain, harga paving block memang lebih tinggi. Namun, Anda juga akan mendapatkan kualitas yang sepadan dengan harganya.